google-site-verification: google44bc2b733a1a5b10.html Data Kuantitatif dan Data Kualitatif Yang Digunakan Dalam Memilih Metode Penelitian - STATISTIKA PENDIDIKAN

Data Kuantitatif dan Data Kualitatif Yang Digunakan Dalam Memilih Metode Penelitian




Data Kuantitatif dan Data Kualitatif Yang Digunakan Dalam Memilih Metode Penelitian


Data merupakan bahan mentah yang perlu diolah sehingga menghasilkan informasi atau keterangan, baik kualittaif maupun kuantitatif yang menunjukan fakta. Sedangkan perolehan data seyogyanya relevan artinya data yang ada hubungannya langsung dengan masalah penelitian, mutakhir artinya data yang diperoleh masih hangat dibicarakan, dan diusahakan oleh orang pertama atau disebut dengan data primer (Riduwan : 2015).


Apabila data sudah memenuhi persyaratan maka data tersebut harus diolah, dan merupakan kegiatan yang harus dilakukan atau penting saat penelitian.


Ada 2 (dua) macam data hasil penelitian, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. 

1. Data Kualitatif

Menurut Ridwan (2015) data kualitatif adalah data yang berhubungan dengan kategorisasi, karakteristik berwujud pertanyaan atau berupa kata-kata.

Contoh
Wanita itu cantik, pria itu tampan, laut itu indah, baik, buruk, gembira, sedih, dolar naik, BBM turun, dan lain sebagainya. 
Data ini biasanya didapatkan dari hasil wawancara dan bersifat subjektif sebab data tersebut ditafsirkan lain oleh orang yang berbeda. 


Jadi dapat disimpulkan bahwa data kualitatif adalah data yang berbentuk kalimat, kata, atau gambar.


2. Data Kuantitatif

Data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka, atau bisa juga data kualitatif yang diangkakan (skoring).

Data kuantitatif dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu : 1) data diskrit, dan 2) data kontinum (Ordinal, Interval, Rasio).



Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif



Menurut Sudjana (2005) pengumpulan data untuk statistik induktif diperlukan statistika deskriptif yang benar dan untuk hal terakhir ini diperlukan data. Data harus betul-betul "jujur", yakni kebenarannya harus dapat dipercaya.



Langkah-Langkah Pengumpulan Data



  1. Mengadakan penelitian langsung ke lapangan atau di laboratorium terhadap obyek penelitian. Hasilnya dicatat untuk kemudian dianalisis.
  2. Mengambil atau menggunakan sebagian atau seluruhnya, dari sekumpulan data yang telah dicatat atau dilaporkan oleh badan atau orang lain.
  3. Mengadakan angket; yakni cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar isian atau daftar pertanyaan yang telah disiapkan dan disusun sedemikian rupa sehingga calon responden hanya tinggal mengisi atau menandainya dengan mudah dan cepat.

Teknik membuat pertanyaan untuk angket dan cara-cara mengajukannya, biasanya dipelajari dalam metoda riset. Namun perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu :
  1. Siapkan dan rencanakan baik-baik keseluruhannya meliputi tenaga, bahan-bahan, dan biaya.
  2. Pertanyaan-pertanyaan harus singkat, jelas, tidak menimbulkan macam-macam penafsiran dan mudah dimengerti.
  3. Tujukan pertanyaan-pertanyaan kepada obyek atau masalah yang sedang diteliti
  4. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang pantas, sopan dan usahakan tidak akan menyinggung perasaan calon responden.

Sehingga dengan mengertinya materi mengenai data kualitatif dan data kuantitatif di atas,
Kalian akan mudah dalam menggunakan metode apa yang akan kalian gunakan yang sesuai dengan data penelitian kalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Data Kuantitatif dan Data Kualitatif Yang Digunakan Dalam Memilih Metode Penelitian"