google-site-verification: google44bc2b733a1a5b10.html Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Penelitian - STATISTIKA PENDIDIKAN

Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Penelitian





Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Penelitian 


Dalam statistik, hipotesis dapat diartikan sebagai pernyataan statistik tentang parameter populasi. Statistik adalah ukuran –ukuran yang dikenakan pada sampel

= rata-rata; S   = simpangan baku;  S2 = varians; r    = koefisien korelasi), dan 
parameter adalah ukuran-ukuran yang dikenakan pada populasi 




Dengan demikian, hipotesis adalah taksiran terhadap parameter populasi, melalui data-data sampel. Penelitian yang didasarkan pada data populasi, atau sampling total, atau sensus dengan tidak melakukan pengujian hipotesis statistik dari sudut pandang statistik disebut penelitian deskriptif. Sugiyono (2016).



Sedangkan menurut Ridwan (2015) hipotesis statistik adalah pernyataan statistik tentang populasi yang diteliti. Jika menguji hipotesis penelitian dengan perhitungan statistik, maka rumusan hipotesis tersebut perlu diubah kedalam rumusan hipotesis statistik.

Kalau dalam rumusan hipotesis penelitian hanya dituliskan salah satau saja, yaitu hipotesis alternatif (Haatau hipotesis nol (Ho)

Sedangkan dalam hipotesis statistik keduanya dipasangkan sehingga dapat diambil keputusan yang tegas yaitu menerima H0 berarti menolak Ha begitu juga sebaliknya jika menolak Ho berarti menerima Ha.

Hipotesis statistik ini dirumuskan untuk menjelaskan gambaran dan parameter apa dari populasi.



Menurut Agus Irianto (2010) dalam inferensial statistik akan menghadapi problem atau masalah.  Sebelum mencari jawaban secara faktual terlebih dahulu menjawab secara teoritis. Jawaban atas problem secara teoritis sering disebut dengan hipotesis, dan hipotesis itu merupakan jawaban sementara, yang masih perlu diuji kebenarannya melalui fakta-fakta. Pengujian hipotesis dengan menggunakan dasar dasar fakta diperlukan suatu alat bantu, dan yang sering digunakan adalah analisis statistik.




Sudjana (2005) mengemukakakn bahwa hipotesis adalah asumsi atau dugaan mengenai sesuatu hal yang dibuat untuk menjelaskan hal itu yang sering dituntut untuk melakukan pengecekannya.


Menurut Sugiyono (2016)Terdapat yang mendasar pengertian hipotesis menurut statistik dan penelitian. Dalam penelitian, hipotesis diartikan sebagai jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian. Rumusan masalah tersebut bisa berupa pernyataan tentang hubungan dua variabel atau lebih, perbandingan (komparasi), atau variabel mandiri (deskripsi).


Disini terdapat perbedaan lagi pengertian deskriptif dalam penelitian dan dalam statistik.
Deskriptif dalam penelitian adalah penelitian yang didasarkan pada populasi (tidak ada sampel)
Deskriptif dalam penelitian menunjukan tingkat ekplanasi yaitu menanyakan tentang variabel mandiri (tidak dihubungkan dan dibandingkan).

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Penelitian "