Video dan Hasil Angket Pada Tahap Field Test
Video dan Hasil Angket Pada Tahap Field Test
Tahap field test atau tahap lapangan merupakan tahap pengembangan yang merupakan tahap uji coba.
Uji coba disini bisa diartikan, apakah tujuan sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak.
Analisis data pada pengembangan bermacam-macam
disesuaikan dengan jenis pengembangan dan objeknya.
Tahapan terakhir dalam pengembangan ini
adalah field test (Uji Lapangan).
dalam pengembangan ini uji lapangan melibatkan siswa sebanyak 40 subyek
Dalam video ini semua subyek membuka blog (www.statistikaonline.com) dan mengamati apa yang dirasakan setelah membuka per unit setiap bab.
Berikut video proses field test dalam pengembangan ini.
Dalam video ini semua subyek membuka blog (www.statistikaonline.com) dan mengamati apa yang dirasakan setelah membuka per unit setiap bab.
Berikut video proses field test dalam pengembangan ini.
Setelah melakukan uji lapangan (Field
Test) pengembang menyebarkan angket keseluruh siswa.
Hasil dari angket dianalisa, yang hasilnya seperti pada tabel di bawah ini.
No |
Pernyataan
|
Hasil Angket
|
|||
SS (dalam
%)
|
S
(dalam
%)
|
TS
(dalam
%)
|
STS
(dalam
%)
|
||
1
|
Tampilan website/blog menarik
|
57,5
|
42,5
|
0
|
0
|
2
|
Animasi atau media sangat membantu dalam belajar
|
62,5
|
37,5
|
0
|
0
|
3
|
Materi statistika berbasis online dapat diakses kapan saja
|
70
|
27,5
|
2,5
|
0
|
4
|
Waktu yang dibutuhkan dalam membuka website lebih singkat dari pada
membuka buku
|
47,5
|
47,5
|
5
|
0
|
5
|
Terdapat banyak kesalahan dalam pengetikan
|
0
|
12,5
|
70
|
17,5
|
6
|
Ada materi yang tidak dapat dipahami
|
2,5
|
25
|
57,5
|
15
|
7
|
Terdapat materi yang tidak dapat diakses
|
2,5
|
7,5
|
62,5
|
27,5
|
8
|
Materi yang diberkan mudah dipahami
|
30
|
67,5
|
2,5
|
0
|
9
|
Media yang diberikan sangat membantu dalam memahami materi statistika
|
60
|
40
|
0
|
0
|
10
|
Saya lebih tertarik atau tertantang dalam belajar statistika menggunakan
media online ini
|
45
|
50
|
5
|
0
|
11
|
Belajar menggunakan media berbasis online ini tidak membosankan
|
37,5
|
55
|
5
|
2,5
|
12
|
Media ini dapat diimplementasikan dengan baik
|
42,5
|
55
|
2,5
|
0
|
13
|
Saya lebih senang belajar menggunakan media online dibandingkan
menggunakan buku biasa
|
20
|
67,5
|
12,5
|
0
|
14
|
Apakah media ini akan kalian buka kembali di rumah
|
15
|
85
|
0
|
0
|
15
|
Apakah animasi/gambar yang ditampilkan dapat membantu dalam mempercepat
pemecahan masalah
|
22,5
|
72,5
|
5
|
0
|
16
|
Setelah kamu menggunakan web/blog sebagai media dalam pembelajaran,
apakah kamu merasa senang dalam menggunakannya
|
35
|
65
|
0
|
0
|
17
|
Apakah media berbasis online ini dapat diimplementasikan dengan baik
|
25
|
75
|
0
|
0
|
18
|
Apakah penggunaan web/blog sebagai media pembelajaran itu sesuai dengan
keadaan atau perkembangan zaman sekarang ini
|
50
|
50
|
0
|
0
|
Berdasarkan
hasil angket pada tabel di atas disimpulkan bahwa, blog support yang
dikembangkan memenuhi kriteria praktis, didapatkan :
- Sebanyak 57,5% subyek menyatakan sangat setuju dan sebanyak 42,5% setuju bahwa tampilan website/blog menarik,
- Sebanyak 62,5 % sangat setuju dan setuju 37,5% bahwa animasi atau media sangat membantu dalam belajar,
- Sebanyak 50 % sangat setuju bahwa web/blog sebagai media pembelajaran itu sesuai dengan keadaan atau perkembangan zaman sekarang ini dan 50% setuju,
- Sebanyak 25 sangat setuju dan 75% setuju bahwa media berbasis online ini dapat diimplementasikan dengan baik, dan
- Sebanyak 70% sangat setuju, 27,5 % setuju, dan 2,5 % tidak setuju bahwa materi statistika berbasis online dapat diakses kapan saja.
Selain itu, blog support yang dikembangkan memenuhi kriteria
praktis didukung dengan hasil wawancara bahwa semua subyek wawancara menyatakan
bahwa blog tersebut sangat menarik,
dapat diimplementasikan, petunjuk yang terdapat dalam blog sangat jelas, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuka
website tersebut, dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Sedangkan dalam pengembangan ini efek potensial
terhadap proses pembelajaran statistika dilihat dari hasil angket bahwa :
- Sebanyak 45 sangat setuju, 50% setuju, dan 5% tidak setuju bahwa media yang diberikan sangat membantu dalam memahami materi statistika,
- Sebanyak 35% sangat setuju dan 65 % setuju bahwa penggunakan web/blog sebagai media dalam pembelajaran subyek merasa senang dalam menggunakannya,
- Sebanyak 22,5% sangat setuju, 75 % setuju, dan 2,5 % tidak setuju bahwa animasi/gambar yang ditampilkan dapat membantu dalam mempercepat pemecahan masalah,
- Sebanyak 15 % sangat setuju dan 85 % setuju bahwa media ini akan dibuka kembali di rumah, dan
- Sebanyak 37,5% sangat setuju, 55 % setuju, 5% tidak setuju, dan 2,5 % sangat tidak setuju bahwa belajar menggunakan media berbasis online ini tidak membosankan.
Efek potensial didukung
juga dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa blog yang dikembangkan tersebut sangat membantu dalam proses
pembelajaran, dan saat membuka website memiliki rasa senang dan tidak
membosankan, dan semua subyek merasa tertarik untuk belajar menggunakan blog tersebut.
Selain itu juga subyek
menyatakan bahwa pada zaman sekarang sudah banyak mahasiswa yang suka dengan
yang online misalkan media sosial sedangkan blog
ini bisa di share di media sosial sehingga kemungkinan terbesar akan dibaca
oleh pembaca. Sehingga berdasarkan komentar subyek yang positif akan memiliki
efek potensial terhadap proses pembelajaran khususnya pembelajaran statistika
Adapun video tahap wawancara setelah field test (uji lapangan) adalah sebagai berikut:
Wawancara Subyek-1
Wawancara Subyek-1
Wawancara Subyek-2
Wawancara Subyek-3
Wawancara Subyek-4
Itulah hasil dari uji lapangan (Field Test) yang telah pengembang laksanakan.
Semoga dengan adanya blog pembelajaran statistika ini dapat bermanfaat buat kita semuanya, khususnya bagi kalian yang sedang menempuh pelajaran atau mata kuliah statistika.
Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!
0 Response to "Video dan Hasil Angket Pada Tahap Field Test "
Post a Comment