google-site-verification: google44bc2b733a1a5b10.html Populasi dan Sampel Yang Wajib Diketahui Bagi Peneliti Pemula - STATISTIKA PENDIDIKAN

Populasi dan Sampel Yang Wajib Diketahui Bagi Peneliti Pemula





Populasi dan Sampel Yang Wajib Diketahui Bagi Peneliti Pemula


Populasi 


Sugiyono (2016) mengemukakan bahwa populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas : obyek/subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan.

Sehingga populasi disini bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain. Populasi bukan hanya sekedar jumlah yang ada pada obyek/subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik/sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek yang diteliti itu.


Sedangkan Sugiyono (2015) Populasi merupakan objek atau subjek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat-syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian.


Menurut Sudjana (2005) Populasi merupakan totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung atau pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa populasi merupakan subyek atau obyek yang bisa orang atau benda-benda alam, dan dapat juga berupa karakteristik/sifat subyek atau obyek yang dijadikan penelitian.


Menurut Riduwan (2015) berdaskan jenisnya populasi terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :

1. Populasi Terbatas


Populasi terbatas adalah populasi yang mempunyai sumber data yang jelas batasannya secara kuantitatif sehingga dapat dihitung jumlahnya.

Contoh
Jumlah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Jumlah guru SMA di Bangka Belitung yang mengikuti prajabatan
Jumlah lulusan SMA yang lulus SBMPTN


2. Populasi Tak Terbatas (Tak Terhingga)

Populasi tak terbatas yaitu sumber datanya tidak dapat ditentukan batasan-batasannya sehingga relatif tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah.

Contoh
Penelitian mencari emas
Dalam menambang emas terdapat beberapa kali pengambilannya, maka setiap kali pengambilan akan mendapatkan emas yang tak terhingga banyak atau ukurannya.

Penelitian pasang surut air laut
Meneliti berapa liter pasang surut air laut pada bulan januari, februari, dan selanjutnya.


Sedangkan, berdasarkan sifatnya populasi digolongkan menjadi populasi homogen dan populasi heterogen.

Populasi Homogen

Populasi homogen merupakan sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu mempersoalkan jumlahnya secara kuantitatif.

Populasi Heterogen

Populasi heterogen merupakan sumber data yang unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang berbeda (bervariasi) sehingga perlu ditetapkan batas-batasnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Penting!
Apabila terdapat populasi yang tak terbatas dan homogen, sebaiknya peneliti tidak melakukan pengumpulan data secara populasi, tetapi mengambil sebagian data dari populasi yang dianggap representatif atau mewakili. Hal ini berkaitan dengan kepraktisan, biaya, waktu, tenaga dan adanya percobaan (eksperimen) yang memiliki sifat merusak.


Sampel

Menurut Suharsimi Arikunto (1998) sampel adalah bagian dari populasi (sebagian atau wakil populasi yang diteliti ), atau sebagian yang diambil dari populasi (Sudjana : 2005). 

Sedangkan menurut Sugiyono (2016) sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. 

Dalam penelitian, dapat menggunakan penelitian tidak menggunakan data populasi tetapi menggunakan data sampel, apabila peneliti dalam penelitian merasa tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, ini karena ada beberapa kendala yang menyangkut waktu, biaya, dan tenaga, atau kelemahan lainnya.


Penelitian dapat melakukan penelitian dengan pengambilan menggunakan data sampel asal data sampel tersebut dapat mewakili (representatif) dari data populasi.

Maka dari itu seorang peneliti harus memahami bagaimana tata cara pengambilan sampel yang representatif.

Untuk tata cara pengambilan sampel silahkan baca : Teknik Sampling/Pengambilan Sampel


Menurut Ridwan (2015) ada beberapa keuntungan dari penelitian menggunakan data sampel, diantaranya : 

  1. Memudahkan peneliti karena jumlah sampel lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan populasi, selain itu bila populasinya terlalu besar dikhawatirkan akan terlewati.
  2. Penelitian lebih efisien (dalam arti penghematan dana, waktu, dan tenaga)
  3. Lebih teliti dan cermat dalam pengumpulan data, artinya jika subyeknya banyak dikhawatirkan adanya bahaya bias dari orang yang mengumpulkan data, karena sering dialami oleh staf dan bagian pengumpul data mengalami kelelahan sehingga pencatatan data tidak akurat.
  4. Penelitian lebih efektif. Jika penelitian bersifat destruktif (merusak) yang menggunakan spesemen (bagian dari kelompok atau bagian dari keseluruhan) akan hemat dan bisa dijangkau tanpa merusak semua bahan yang ada serta bisa digunakan untuk menjaring populasi yang jumlahnya banyak. Sedangkan besar kecilnya sampel yang diambil akan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : besar biaya yang tersedia, tenaga yang ada, waktu dan kesempatan peneliti, serta peralatan yang digunakan dalam pengambilan sampel.

Apabila kalian akan melakukan penelitian maka wajib mengetahui bagaimana cara mengambil sampel dari populasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Populasi dan Sampel Yang Wajib Diketahui Bagi Peneliti Pemula"