google-site-verification: google44bc2b733a1a5b10.html Peranan Atau Kegunaan Statistik Dalam Penelitian - STATISTIKA PENDIDIKAN

Peranan Atau Kegunaan Statistik Dalam Penelitian




Peranan Atau Kegunaan Statistik Dalam Penelitian

Statistik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari kita menggunakan ilmu statistik dalam keseharian. Misalnya perhitungan pengeluaran bulanan yang kita buat dalam hitungan persen (%), Penghasilan panen dari perkebunan terdapat statistik dalam perhitungannya. dan lain sebagainya.



Banyak sekali siswa atau mahasiswa merasa kesulitan dalam belajar statistik. Sebenarnya belajar statistik itu sangatlah mudah apabila kita menguasai konsep dasar tentang statistik. 


Karena ilmu statistik ini sudah kita pelajari mulai dasar dari Sekolah Dasar (SD), dilanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga terdapat materi statistik. Apabila kita memiliki konsep mengenai pelajaran statistik dari yang dasar pasti kita akan lebih mudah dalam belajar statistik di perguruan tinggi.


Ada banyak sekali kegunaan statistik dalam penelitian, diantaranya,  Menurut Sugiyono (2016) Statistik memiliki peranan penting dalam penelitian, yaitu sebagai :

  1. Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Dengan demikian jumlah sampel yang diperlukan lebih dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian, maka harus diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu.
  3. Teknik-Teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunukatif. Teknik-teknik penyajian data ini antara lain : tabel, grafik, diagram lingkaran, dan pictogram.
  4. Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistik yang digunakan antara lain; korelasi, regresi, t-tes, anova, dan lain-lain.


Sedangkan kegunaan Statistik menurut Ridwan (2015), adalah sebagai alat untuk :
  1. Komunikasi ialah sebagai penghubung beberapa pihak yang menghasilkan data statistik atau berupa analisis statistik sehingga beberapa pihak tersebut akan dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut.
  2. Deskripsi yaitu penyajian data dan mengilustrasikan data misalnya mengukur hasil produksi, laporan hasil liputan berita, indeks harga konsumen, laporan keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, hasil pendapatan dan pengeluaran negara dan lain sebagainya.
  3. Regresi, yaitu meramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya dan untuk mengantisipasi gejala-gejala yang akan datang.
  4. Korelasi, yaitu untuk mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian.
  5. Komparasi, yaitu membandingkan data dua kelompok atau lebih.


Berdasarkan dari fungsinya, statistik dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu statistik Deskriptif dan statistik Inferensial.

Untuk memahami mengenai statistik Deskriptif dan statistik Inferensial silahkan baca disini : Pengantar Statistik dan Statistika 


Menurut Sudjana (2005) dunia pendidikan atau riset, dimanapun dilakukan, bukan saja telah mendapat manfaat yang baik dari statistika tetapi sering harus menggunakannnya, minimal penggunaan metodenya. Sesungguhnya, statistika sangat diperlukan bukan hanya saja dalam penelitian atau riset, tetapi juga perlu dalam bidang pengetahuan lainnya seperti : teknik, industri, ekonomi, astronomi, biologi, kedokteran, asuransi, pertanian, perniagaan, bisnis, sosiologi, antropologi, pemerintahan, pendidikan, psikologi, meteoologi, geologi, farmasi, ekologi, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, dan lain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peranan Atau Kegunaan Statistik Dalam Penelitian"