Uji Hipotesis Yang Digunakan Dalam Penelitian Jangan Sampai Salah Dalam Memilih
Uji Hipotesis Yang Digunakan Dalam Penelitian Jangan Sampai Salah Dalam Memilih
Hipotesis
adalah perumusan sementara mengenai sesuatu hal yang dibuat untuk menjelaskan
hal itu dan untuk menuntun atau mengarahkan penelitian selanjutnya. Pengujian
hipotesis berhubungan dengan penerimaan atau penolakan suatu hipotesis. Langkah
atau prosedur untuk menentukan apakah menerima atau menolak hipotesis dinamakan
pengujian hipotesis.
Untuk
pengujian hipotesis, nilai-nilai statistik perlu dihitung kemudian dibandingkan
menggunakan kriteria tertentu. Jika hasil yang didapat dari penelitian itu,
dalam pengertian peluang, jauh berbeda dari hasil yang diharapkan terjadi
berdasarkan hipotesis, maka hipotesis ditolak, jika terjadi sebaliknya
hipotesis diterima (Sudjana, 1984).
A. Dua Tipe Hipotesis
- Hipotesis nihil/nol (H0) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan antara dua variabel atau lebih atau tidak adanya perbedaan antara dua kelompok atau lebih.
- Hipotesis alternatif (H1) yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara dua variabel atau lebih atau adanya perbedaan antara dua kelompok atau lebih
B. Dua Macam Kekeliruan
Dalam melakukan pengujian hipotesis, ada dua macam
kekeliruan yang dapat terjadi, yaitu:
- Kekeliruan macam I: menolak hipotesis yang seharusnya diterima.
- Kekeliruan macam II: menerima hipotesis yang seharusnya ditolak
Untuk
mengingat hubungan antara hipotesis, kesimpulan, dan macam kekeliruan dapat
dilihat dalam tabel berikut.
Kesimpulan
|
Keadaan
Sebenarnya
|
|
Hipotesis
Benar
|
Hipotesis
Salah
|
|
Terima
hipotesis
|
Kekeliruan
Macam II (β)
(kuasa
uji = 1 – β)
|
|
Tolak
hipotesis
|
Kekeliruan
Macam I
(taraf
signifikan α)
|
A. Arah Pengujian Hipotesis
Pengujian
hipotesis dapat dilakukan secara uji satu pihak dan uji dua pihak.
1. Uji
dua pihak
Uji dua
pihak digunakan bila hipotesis nol (H0) berbunyi “sama dengan” dan
hipotesis alternatifnya (Ha) berbunyi “tidak sama dengan”. Dalam
distribusi statistik yang digunakan terdapat dua daerah kritis pada
masing-masing ujung distribusi. Luas tiap ujung adalah adalah
½ α Karena adanya dua daerah penolakan ini, maka pengujian hipotesis dinamakan
uji dua pihak. (Sudjana, 1984).
2. Uji Satu Pihak
A.
Uji pihak kanan
Uji pihak
kanan digunakan apabila hipotesis nol (H0) berbunyi “lebih kecil
atau sama dengan ( < )” dan hipotesis alternatifnya (Ha)
berbunyi “lebih besar (>)”. Kalimat lebih kecil atau sama dengan sinonim
dengan kata “paling besar”. Dalam distribusi yang digunakan terdapat sebuah
daerah kritis yang letaknya di ujung di sebelah kanan. Luas daerah tersebut
sama dengan α
B.
Uji pihak kiri
Uji pihak
kanan digunakan apabila hipotesis nol (H0) berbunyi “lebih besar
atau sama dengan ( > )” dan hipotesis alternatifnya (Ha)
berbunyi “lebih kecil ( < )”. Kalimat lebih besar atau sama dengan sinonim
dengan kata “paling sedikit atau paling kecil”. Sama hal nya dengan pihak
kanan, dalam distribusi yang digunakan terdapat sebuah daerah kritis namun
letaknya di ujung di sebelah kiri. Luas daerah tersebut sama dengan α.
Sebelumnya, dalam penelitian sendiri terdapat perbedaan yang signifikan antara hipotesis statistik dan hipotesis penelitian.
Sebagaimana dalam uji dua pihak, untuk uji satu pihak pun dimisalkan bahwa kedua populasi berdistribusi normal
rata-ratadan
dan simpangan bakunya
dan
. karena umumnya besar
dan
tidak diketahui, maka disini akan ditinjau hal-hal tersebut dimana
atau
1. Uji pihak kanan
Yang diuji adalah:


Dalam hal ini
maka statistik yang digunakan adalah statistik t dengan
seperti rumus di atas. Kriteria pengujian yang berlaku adalah : terima
jika
dan tolak
jika t mempunyai harga lain.
Jika
maka statistik yang digunakan adalah
. Dalam hal ini kriteria yang digunakan adalah tolak
jika:

Jika
Dan terima
2. Uji pihak kiri
Yang diuji adalah:


Langkah yang ditempuh dalam hal ini sejalan dengan uji pihak kanan. Jika
dan kedua-duanya tidak diketahui, maka statistik yang digunakan adalah statistik t dengan
seperti rumus di atas. Kriteria pengujian yang berlaku adalah: tolak
jika
dan terima
jika t mempunyai harga lain.
Dalam hal ini jika
maka statistik yang digunakan adalah statistik
dalam hal ini kriteria yang digunakan adalah tolak
jika:

Dan terima
jika terjadi sebaliknya. Dimana :
;
;
dan 
Dan terima
Contoh
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penulis : Tri Wahyudi
Tabel Daftar Nilai Tes Matematika Siswa
Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol
No.
|
Kelas Eksperimen
|
No.
|
Kelas Kontrol
|
1
|
63
|
1
|
53
|
2
|
77
|
2
|
53
|
3
|
63
|
3
|
57
|
4
|
47
|
4
|
40
|
5
|
70
|
5
|
40
|
6
|
57
|
6
|
50
|
7
|
60
|
7
|
73
|
8
|
77
|
8
|
57
|
9
|
60
|
9
|
40
|
10
|
80
|
10
|
43
|
11
|
67
|
11
|
60
|
12
|
73
|
12
|
63
|
13
|
73
|
13
|
50
|
14
|
67
|
14
|
47
|
15
|
93
|
15
|
47
|
16
|
83
|
16
|
50
|
17
|
80
|
17
|
67
|
18
|
57
|
18
|
60
|
19
|
57
|
19
|
70
|
20
|
73
|
20
|
67
|
21
|
47
|
21
|
53
|
22
|
50
|
22
|
60
|
23
|
50
|
23
|
77
|
24
|
70
|
24
|
43
|
25
|
60
|
25
|
63
|
26
|
83
|
26
|
87
|
27
|
53
|
27
|
63
|
28
|
90
|
28
|
50
|
29
|
60
|
29
|
50
|
30
|
73
|
30
|
83
|
31
|
80
|
31
|
53
|
32
|
70
|
32
|
67
|
33
|
53
|
33
|
53
|
34
|
50
|
34
|
53
|
35
|
70
|
35
|
73
|
36
|
60
|
36
|
70
|
37
|
93
|
37
|
77
|
38
|
77
|
38
|
53
|
39
|
63
|
39
|
70
|
40
|
70
|
Daftar Distribusi Frekuensi Hasil Tes Pada Kelas Eksperimen
Nilai
|
|||||
47 – 54
55 – 62
63 – 70
71 – 78
79 – 86
|
7
8
9
7
5
3
|
50,5
58,5
66,5
74,5
82,5
90,5
|
2550,25
3422,25
4422,25
5550,25
6806,25
8190,25
|
353,5
468
598,5
521,5
412,5
271,5
|
17851,75
27378
39800,25
38851,75
34031,25
24570,75
|
Jumlah
|
39
|
423
|
30941,5
|
2625,5
|
182483,75
|
Maka dapat dicari rata-rata
dan simpangan baku
sebagai berikut:
Simpagan bakunya adalah:
Nilai
|
|||||
40 – 47
48 – 55
56 – 63
64 – 71
72 – 79
80
|
7
12
8
7
4
2
|
43,5
51,5
59,5
67,5
75,5
83,5
|
1892,25
2652,25
3540,25
4556,25
5700,25
6972,25
|
304,5
618
476
472,5
302
167
|
13245,75
31827
28322
31893,75
22801
13944,5
|
Jumlah
|
40
|
381
|
25313,5
|
2340
|
142034
|
Rumusan hipotesis:
Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih rendah dari atau sama dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
“Berarti rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional”
Banyak penelitian yang memerlukan perbandingan antara dua keadaan atau tepatnya dua populasi. Misalkan kita mempunyai dua populasi normal masing-masing dengan rata-rata µ1 dan µ2.
Contoh
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penulis : Tri Wahyudi
Tabel Daftar Nilai Tes Matematika Siswa
Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol
No.
|
Kelas Eksperimen
|
No.
|
Kelas Kontrol
|
1
|
63
|
1
|
53
|
2
|
77
|
2
|
53
|
3
|
63
|
3
|
57
|
4
|
47
|
4
|
40
|
5
|
70
|
5
|
40
|
6
|
57
|
6
|
50
|
7
|
60
|
7
|
73
|
8
|
77
|
8
|
57
|
9
|
60
|
9
|
40
|
10
|
80
|
10
|
43
|
11
|
67
|
11
|
60
|
12
|
73
|
12
|
63
|
13
|
73
|
13
|
50
|
14
|
67
|
14
|
47
|
15
|
93
|
15
|
47
|
16
|
83
|
16
|
50
|
17
|
80
|
17
|
67
|
18
|
57
|
18
|
60
|
19
|
57
|
19
|
70
|
20
|
73
|
20
|
67
|
21
|
47
|
21
|
53
|
22
|
50
|
22
|
60
|
23
|
50
|
23
|
77
|
24
|
70
|
24
|
43
|
25
|
60
|
25
|
63
|
26
|
83
|
26
|
87
|
27
|
53
|
27
|
63
|
28
|
90
|
28
|
50
|
29
|
60
|
29
|
50
|
30
|
73
|
30
|
83
|
31
|
80
|
31
|
53
|
32
|
70
|
32
|
67
|
33
|
53
|
33
|
53
|
34
|
50
|
34
|
53
|
35
|
70
|
35
|
73
|
36
|
60
|
36
|
70
|
37
|
93
|
37
|
77
|
38
|
77
|
38
|
53
|
39
|
63
|
39
|
70
|
40
|
70
|
Pengujian Hipotesis
Uji Kesamaan Dua Rata-Rata: Uji dua pihak
Rumusan hipotesis:
Tidak ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.
Ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.
“Berarti ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvensional”
0 Response to "Uji Hipotesis Yang Digunakan Dalam Penelitian Jangan Sampai Salah Dalam Memilih"
Post a Comment